Fungsi Vakuola yang Ada Didalam Sel Hewan

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai fungsi vakuola yang terdapat didalam sel hewan. Didalam kehidupan makhluk hidup iini memiliki organel yang saling bekerjasama. Setiap susunan organel ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Salah satunya yaitu organel vakuola. Bagi anda yang belum tau vakuola merupakan sebuah kompenen organel yang dapat kita temukan pada sel tumbuhan dan sel hewan.

Namun kita ketahui bersama kalau tidak semua hewan memiliki vakuola. Semua jenis hewan yang memiliki vakuola ini cenderung masuk kelompok uniseluler rendah. Vakuola ini memiliki arto sebagai ruang yang ada didalam sel berupa cairan. Didalamnya terdapat rongga dan diselimuti membran.

Cairan yang ada didalam vakuola ini merupakan campuran antara zat terlarut seperti enzim, lipid, garam mineral dan campuran air. Vakuola ini mengandung asam amino, asam organik dan gas. Jadi dapat dikatakan kalau vakuola ini merupakan organel yang sangat penting dimiliki oleh sel tumbuhan, bakteri, dan sel hewan.

Vakuola ini memiliki ukuran yang besar dan memiliki peran seperti berikut ini :

  1. Vakuola ini menampung produk limbah yang dihasilkan oleh sel
  2. Vakuola ini mampu menjaga tingkat keadaman pH meter yang ada didalam sel. Selain itu untuk menjaga tekanan turgor serta hidrostatik
  3. Kadang-kadang sel ini juga bisa menghasilkan racun yang mampu membahayakan kesehatan. Sehingga vakuola ini berperan untuk memisahkan racun tersebut dengan komponen sel lainnya
  4. Vakuola ini juga berperab dalam proses autofagi. Jadi autofagi ini merupakan proses katabolisme pemecahan komponen sel yang tidak dibutuhkan. Selama proses autofagi ini maka vakuola akan berperan dalam menjaga keseimbangan biogenesis dan degradasi zat
  5. Vakuola juga berperan dalam menghancurkan berbagai jenis bakteri yang membahayakan sel didalam tubuh

Jadi secara umum vakuola ini memiliki dua jenis yaitu vakuola kontraktil dan vakuola nonkontraktil. Vakuola kontraktil ini berfungsi untuk osmoregulator yaitu sebagai pengatur osmotik sel. Kalau vakuola nontraktil ini memiliki fungsi sebagai pencerna makanan yang sudah masuk kedalam sel dan hasilkan akan diedarkan lagi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai vakuola dan berbagai fungsinya dalam sel hewan. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam ilmu bioligi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *