Ini Tips Memilih Batik Berkualitas Baik

Jika Anda seorang pecinta kain, terutama batik solo, memilih kain batik berkualitas tinggi tentu merupakan nilai penting sebelum Anda membeli kain. Kualitas kain batik mempengaruhi kenyamanan saat mengenakan. Secara umum: semakin baik kualitas batik, semakin tinggi harganya. Jika, sebagai pemula, Anda masih bingung bagaimana menentukan kualitas batik yang baik, inilah yang perlu Anda ketahui ketika memilih kain batik berkualitas tinggi. Sebelum memilih batik tentu anda perlu memilih jenis kain yang tentunya untuk kemnyamanan anda nantinya saat dipakai setiap harinya.

  1. Ketahui jenis batik apa yang dibeli
    Sebelum Anda membeli, perhatikan jenis batik yang Anda evaluasi. Ada jenis batik tulis dan batik cap atau batik cap. Batik tulis yang khas memiliki kualitas yang lebih baik daripada batik cap. Batik tulis membutuhkan proses produksi yang lebih lama dan dibuat langsung dengan tangan, sehingga lebih rumit dan memerlukan keterampilan khusus. Inilah yang membuat batik tulis lebih berkualitas daripada batik cetak. Batik biasanya juga diproduksi dengan jumlah terbatas, menjadikannya semakin eksklusif. Sedangkan batik cap bisa dibuat dalam jumlah banyak. Proses pembuatan batik tulis juga merupakan cara yang paling tradisional, sehingga memiliki nilai sejarah dan estetika yang lebih tinggi.
  2. Bahan batik mempengaruhi kualitas kenyamanan
    Setiap kain batik memiliki jenis bahan yang berbeda. Jenis bahan memiliki pengaruh besar pada kualitas batik. Anda harus memilih jenis bahan batik yang memenuhi kebutuhan Anda, misalnya untuk acara formal atau pesta, Anda bisa memilih bahan batik sutra. Atau untuk acara sehari-hari, Anda dapat memilih keringat kapas yang mudah diserap. Selain itu, ada banyak lagi jenis bahan yang sering digunakan dalam pembuatan batik, seperti kain serat nanas, kain Paris dan kain mori. Semakin berkualitas jenis bahan mempengaruhi kualitas batik itu sendiri.
  3. Semakin kompleks motif batik, semakin eksklusif
    Ada banyak motif batik di nusantara, seperti batik parang, mega-awan, sidomukti, batik kamuflase dan lainnya. Semakin kompleks motifnya, semakin tinggi nilai batiknya. Pilih batik dengan desain yang jarang dimiliki untuk membuat batu Anda eksklusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *