Cara Mengobati Batuk Kering Secara Alami

Batuk adalah salah satu penyakit umum yang sering dialami hampir semua orang. Ada berbagai macam jenis batuk yang dialami oleh semua orang, mulai batuk yang tidak begitu berbahaya hingga batuk yang tergolong parah. Namun bagaimana cara mengobati batuk kering secara alami? Batuk kering merupakan salah satu jenis batuk yang dialami anak-anak hingga orang dewasa.

Batuk kering dan gatal yang sering dirasakan oleh penderita penyakit ini memang sangat menyebalkan. Lalu bagaimana mengobati batuk jika tidak kunjung sembuh? Mengobati batuk tidak harus pergi ke dokter karena tersedia bahan tradisional dan alami yang mampu menyembuhkan batuk Anda. Bahkan tradisional dan alami tersebut telah digunakan sejak zaman dahulu kala oleh para leluhur untuk dapat menyembuhkan penyakit batuk kering.

Berikut ini adalah cara mengobati batuk kering secara alami yang bisa Anda coba.

Madu

Cara mengobati batuk kering secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Menurut penelitian yang telah dilakukan madu sangat efektif meredakan batuk, bahkan khasiatnya mirip dengan obat batuk yang mengandung dextromethorphan dan diphenhydramine atau antihistamin. Madu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dampaknya adalah kondisi Anda menjadi lebih cepat membaik.

Untuk dapat menggunakan madu sebagai obat batuk kering, Anda cukup mencampurkan 2 sendok makan madu ke dalam teh mawar yang hangat. Di akhir racikan berikan perasan lemon namun jangan terlalu banyak. Anda harus minum ramuan ini sehari dua kali hingga kondisi Anda agak membaik.

Meskipun banyak manfaat namun Anda harus memastikan tidak akan memberikan madu pada anak di bawah 1 tahun, karena madu mengandung spora bakteri Clostridium Botulinum yang bisa menyebabkan penyakit jika bayi menelan madu.

Kumur Air Garam

Selain dengan antibiotik ternyata air garam juga dapat menenangkan jaringan yang meradang dan dapat meningkatkan penyembuhan pada tenggorokan. Anda harus mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan harus minum satu teguk namun jangan ditelan, dan Anda harus berkumur secara tengadah selama 30 detik, kemudian diludahkan. Ingat jangan menelan obat batuk kering alami ya.

Teh Lada Hitam

Sebelum mengobati batuk kering secara medis, Anda dapat menggunakan obat batuk kering alami seperti teh lada hitam. Lada hitam memiliki kandungan zat yang mampu merangsang aliran lendir di postnasal drip menjadi tertahan supaya tidak masuk ke dalam tenggorokan dan merangsang sirkulasi udara.

Teh lada hitam bisa Anda kombinasikan dengan madu ke dalam rebusan lada hitam. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh lada hitam yang telah ditumbuk dengan 2 sendok makan madu dalam cangkir. Kemudian tuang air panas dan tutup cangkir selama kurang lebih 15 menit. Sesudah itu teh disaring dan diminum. Obat batuk kering alami ini memiliki khasiat yang sangat ampuh.

Uap Minyak Eucalyptus

Anda harus meneteskan minyak Eucalyptus di dalam air hangat dan menghirup uapnya. Pengobatan ini sangat manjur untuk mengobati batuk kering. Karena eucalyptus adalah tanaman herbal yang bermanfaat untuk dijadikan minyak kesehatan.

Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling sederhana untuk dapat mengobati batuk kering karena sifat antibakteri dan anti inflamasinya.

Demikian adalah cara mengobati batuk kering secara alami yang dapat Anda coba. Tidak perlu ke dokter, semoga bahan-bahan yang sudah dibahas di artikel ini dapat berguna untuk dapat menyembuhkan batuk kering yang Anda alami.

Referensi :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/obat-batuk-kering-dan-gatal-anak/

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/batuk-penyakit-pernapasan/obat-batuk-kering-tradisional/

https://doktersehat.com/terkena-batuk-kering-cobalah-obati-dengan-susu-dan-madu/

https://www.merdeka.com/sehat/10-pengobatan-tradisional-untuk-obati-batuk-kering.html

https://www.merdeka.com/sehat/ini-5-manfaat-minyak-eucalyptus-untuk-kesehatan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *